Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa Kembali Melantik Insinyur Baru

24 Agustus 2024 | 3 minggu yang lalu
Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa Kembali Melantik Insinyur Baru
Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa Kembali Melantik Insinyur Baru

Fakultas Teknik dan Perencanaan (FTP) melalui Program Profesi Insinyur (PPI) Universitas Warmadewa (Unwar) melantik sebanyak 35 orang insinyur di Ruang Sri Ksari Warmadewa Mandapa, Gedung Rektorat, Lantai IV pada Sabtu (24/08/2024).

Sebanyak 35 insinyur baru secara resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Ir. Bambang Goeritno, M.Sc., MPA., IPU. APEC.,ASEAN.Eng selaku Sekretaris Jenderal Profesi Insinyur Indonesia (PII) yang hadir secara daring. Penandatangan Berita Acara Kode Etik Insinyur dihadapan Ketua Profesi Insinyur Indonesia (PII) Wilayah BALI 2021-2024 Dr. Ir. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, ST, SDs, MA, IPU, ASEAN Eng, yang sekaligus memberikan arahan kepada Insinyur yang baru dilantik tentang UU KeInsinyuran No.11 Tahun 2014.

Pelantikan dilakukan dengan prosesi Pengalungan Insinye Unwar, Penyerahan Ijasah dan Transkrip Nilai yang dilakukan oleh Rektor Unwar; Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, Dekan FTP; Prof. Dr. Ir. I Nengah Sinarta, ST.,MT.,IPM.,ASEAN.Eng. dan Kaprodi PS.PPI Ir. A.A. Gede Sumanjaya, MT.,IPM.,ASEAN.Eng.

Rektor Unwar, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan para insinyur yang bergabung dalam Program Profesi Insinyur FTP Unwar.

Dikatakan bahwa FTP Unwar telah berkelanjutan membangun dan menghasilkan para insinyur-insinyur di bidang teknik yang tidak hanya berasal dari Bali tetapi ada juga yang berasal dari luar Bali.

Menurutnya ini adalah bukti bahwa proses pendidikan di PPI Unwar sudah sangat baik dan PPI Unwar memang menjadi pilihan bagi para lulusan di bidang teknik untuk memperoleh gelar insinyurnya di Universitas Warmadewa.

Ketua YKKPB, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si mengucapkan rasa bangganya atas acara pelantikan dan menurutnya PPI Unwar ini memang dikembangkan untuk meningkatkan mutu dari profesi itu. Pihaknya berharap kepada para insinyur yang dilantik untuk menghadirkan nilai Sapta Bayu sebagai roh Warmadewa yang membedakkan alumni Unwar dengan alumni yg lain. Dikatakan nilai-nilai sapta bayu akan menjadikan kekuatan dimanapun para lulusan Unwar akan berkiprah.

Sekretaris Jenderal PII, Ir. Bambang Goeritno, M.Sc., MPA.,IPU.APEC.,ASEAN.Eng dalam arahannya menyampaikan bahwa agar para insinyur yang diambil sumpahnya saat ini menunjukkan komitmen moral untuk menghasilkan produk maupun jasa yang terbaik bagi konsumen juga masyarakat serta tidak lupa agar selalu ingat dan taat pada sumpah profesinya dalam perjalanan karirnya sebagai profesional dan mulai saat ini mereka berhak untuk menuliskan Gelar Insinyur (Ir) di depan nama masing-masing.

Menurutnya keberhasilan ini bukan semata-mata menyelesaikan mandatorial, tetapi justru bergantung pada kiprah kinerja dan perilaku para insinyur ketika sudah kembali ke masyarakat, bagaimana integritas dan profesionalitasnya. Pihaknya berharap semoga kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah insinyur ini dapat bermanfaat tidak hanya bagi PPI Unwar tetapi bermanfaat juga bagi kemajuan bangsa dan negara.

Profesi Insinyur Program Profesi Insinyur Profesi Insinyur Indonesia Pelantikan Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa
(82) views